0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Senin, 18 September 2023 14:11

Berdayakan Eks Napi, Polrestabes Makassar Bangun 10 Unit Lapangan Pekerjaan

Penulis : Aldy
Editor : Rahma
Ist
Ist

Jajaran Polrestabes Makassar telah mendirikan sebanyak 10 unit tempat di berbagai titik di Kota Makassar.

PORTAL MEDIA. ID, MAKASAR-- Polrestabes Makassar terus melakukan upaya menekan angka kriminalitas jalanan di beberapa titik kota.

Melalui program 'Pajama Barakka' misalnya, Polrestabes Makassar membina para mantan narapidana untuk mencari uang dengan cara yang halal.

Hal ini diyakini bisa menjadi solusi agar kejahatan yang sama tidak terulang. Seperti begal, mencuri, dan sebagainya.

Baca Juga : Puluhan Remaja Ugal-ugalan Berdalih Berbagi Takjil Diamankan Polisi

Dengan satu usaha berupa pencucian motor, program ini berjalan sangat masif. Jajaran Polrestabes Makassar telah mendirikan sebanyak 10 unit tempat di berbagai titik di Kota Makassar.

Terbaru yang baru saja kembali diresmikan, tepatnya di Jl. Tupai, Kota Makassar. Lokasi ini berada di wilayah hukum Polsek Mamajang.

"Ini bertujuan untuk mempekerjakan anak-anak remaja ataupun pemuda yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan," ujar Ngajib saat ditemui di lokasi.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Pallawa 2024 Digelar 14 Hari, Ini Sasarannya

Tambahnya, program tersebut dikhususkan untuk mereka yang rata-rata sering melakukan hal negatif.

"Seperti terlibat geng motor, perang kelompok, atau kejahatan lainnya," Ngajib menuturkan.

Perwira Polisi dengan tiga melati di pundaknya itu menyebut, Pajama Barakka yang baru saja dihadirkan di wilayah hukum Polsek Mamajang, adalah lokasi yang kesepuluh.

Baca Juga : Wajib Tahu, Urus SKCK di Polrestabes Makassar Harus Terdaftar BPJS Kesehatan

Dikatakan Ngajib, selama Pajama Barakka hadir, sudah lebih dari 50 orang mantan-mantan pelaku kriminal yang dipekerjakan.

Mereka memang sengaja diarahkan untuk mengambil tanggung jawab terhadap kegiatan positif dan menghasilkan, agar kelak tidak lagi melakukan aksi kejahatan.

"Kalau targetnya, ini secara keseluruhan. Kita sudah petakan, ada 20 tempat. Nah, sudah ada sekitar 15 sejau ini, dan lainnya tinggal kita lakukan peresmian," ucapnya.

Baca Juga : Jatanras Ringkus Terduga Pelaku Pencurian LCD LIFT Kantor Balaikota Makassar

Selain usaha pencucian motor, Ngajib akan menambah satu unit lagi usaha, dengan jenis yang berbeda.

Rencananya, kata dia, ingin menyandingkan tempat pencucian motor, sekaligus ada bengkelnya.

Dengan begitu, kata dia, maka akan lebih banyak lagi mantan-mantan pelaku kriminal, ataupun anak-anak remaja di Makassar, yang tidak jelas apa yang dilakukan, bisa bekerja.

Baca Juga : Tabrak Mobil Parkir, Warga Maros Tewas Terlindas Truk di Jalan Ir Sutami

"Semakin banyak mereka yang bekerja, maka kami yakin angka kriminalitas di kota makassar ini dapat kita tekan," tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Mamajang Kompol Sulkarnain menyebut, kehadiran Pajama Barakka telah mengubah cara pandang para remaja maupun pemuda untuk tidak lagi melakukan kegiatan yang tidak jelas.

"Kata mereka, lebih baik kerja dan menghasilkan uang," ungkap Sulkarnain.

Terlebih, Pajama Barakka juga banyak mendapatkan dukungan dari para tokoh masyarakat serta stakeholder lainnya.

Dirinya meyakini program yang dicanangkan Kapolrestabes Makassar akan memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan kota.

"Poin pentingnya adalah, bagaimana adek-adek ku menjadi satu kesatuan, dapat memberi kontribusi membangun kota," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar