0%
Selasa, 08 November 2022 23:12

Menuju Pilpres 2024

PDIP Tegaskan Umumkan Capres pada Juni 2023

Editor : Rasdiyanah
Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah. Foto; ist
Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah. Foto; ist

PDIP menyebutkan akan mengumumkan nama capres pada Juni 2023 mendatang.

PORTALMEDIA.ID, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan calon presiden (capres) 2024 yang akan diusung nanti pada Juni 2023 mendatang.

"Iya, Juni 2023. Ya dari Pak Hasto seperti itu ya kita mengamini. Apa yang disampaikan Pak Hasto pasti atas izin ketum," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah, dikutip dari liputan6.com, Selasa (8/11/2022).

Lalu, saat disinggung apakah ada sinyal dari petinggi partai berlogo kepala banteng tersebut untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Menurutnya, hal itu masih akan menunggu keputusan dari ketua umum partai.

Baca Juga : Tim Hukum AMIN Khawatir Saksinya Bakal Diintimidasi, Begini Jawaban Ketua MK

"Saya pikir kalau Mas Ganjar bahwa presiden akan hati-hati, karena Pak Ganjar kader PDIP. Pak Presiden juga kader PDIP, sesama kader biasanya di kami tidak saling mendahului, nunggu titah ibu ketum," ujarnya.

Ketika disinggung kembali, apabila Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengusung Ganjar sebagai capres. Dia menyatakan hal tersebut diserahkan kepada Megawati.

"Bukan legowo dan tidak legowo, PDIP sudah menyerahkan dengan sadar sepenuh sadar seluruh kader di republik PDIP, lewat kongres, menyatakan hak prerogatif ketua umum, menyerahkan sepenuhnya," ungkapnya.

Baca Juga : Tim Hukum Prabowo Klaim Gugatan AMIN di MK Banyak Asumsi dan Narasi, Minim Bukti

"Ketua memutuskan tiba-tiba ada tidak rela, ya keluar dari PDIP dong. Kalian yang menyerahkan tiba-tiba kalian yang tidak setuju. Ya keluar dari PDIP. Enggak usah jadi kader PDIP," tutupnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengingatkan para kader untuk mematuhi keputusan yang telah disepakati pada saat Kongres V PDIP.

Adapun, salah satu poin berkenaan dengan calon presiden dan calon wakil yang diusung oleh PDI Perjuangan menjadi kewenangan dari Megawati Soekarnoputri, selaku Ketua Umum PDIP.

Baca Juga : Anies Singgung Gelaran Pilpres Tak Jujur dan Adil di Persidangan Mahkamah Konstitusi

"Terkait dengan capres-cawapres kongres telah memberikan mandat kepada ibu ketua umum sehingga seluruh anggota dan kader partai tidak boleh membuat suatu gerakan, gerakan tambahan," kata dia saat memberikan pengarahan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung Jaksel, Minggu (30/10).

Hasto menerangkan, Kader PDI Perjuangan harus memahami bahwa terkait Pilpres 2024 ada tahapan dan mekanismenya. "Jadi kita ikuti tahapan-tahapan tersebut dengan penuh kedisiplinan," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar