0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Rabu, 30 November 2022 10:23

Cara FIFA Buktikan Gol Pembuka Portugal Bukan Milik Cristiano Ronaldo

Editor : Azis Kuba
Cristiano Ronaldo sebelum selebrasi cetak gol ke gawan Uruguay
Cristiano Ronaldo sebelum selebrasi cetak gol ke gawan Uruguay

FIFA buka suara dan memastikan mantan penyerang Manchester United itu tidak menyentuh bola sama sekali

PORTALMEDIA.ID -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengonfirmasi bahwa gol pembuka Timnas Portugal dalam kemenangan 2-0 atas Uruguay bukanlah milik Cristiano Ronaldo, tetapi Bruno Fernandes.

Pencetak gol pertama Selecao das Quinas dalam matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) lalu jadi perdebatan karena terlihir dari proses yang ambigu.

Bruno Fernandes melepaskan umpan silang dari sisi kiri kotak penalti yang kemudian terlihat disambut Cristiano Ronaldo dengan sundulan sebelum masuk ke gawang Uruguay.

Baca Juga : Hindari Dikerumuni Fans Usai Cetak Quattrick di Saudi, Video Ronaldo Dikawal Ketat Viral

Ronaldo yang menganggap gol itu miliknya, lalu berlari ke pinggir lapangan untuk melakukan selebrasi sebelum memeluk Bruno Fernandes.

Namun, papan skor menunjukkan bahwa gol tersebut adalah milik Bruno Fernandes. Cristiano Ronaldo dianggap tidak menyentuh bola sama sekali dalam proses terjadinya gol itu.

Pasca laga, CR7 menunjukkan gestur tidak puas. Dia menunjuk kepalanya sambil mengatakan sesuatu kepada wasit seperti terlihat dalam potongan rekaman pasca pertandingan yang tersebar di media sosial.

Baca Juga : Cristiano Ronaldo Cetak Empat Gol saat Al Nassr Bungkam Al Wehda

Kini, FIFA buka suara dan memastikan mantan penyerang Manchester United itu tidak menyentuh bola sama sekali sehingga gol pembuka Portugal ke gawang Uruguay sah milik Bruno Fernandes.

Lalu bagaimana cara FIFA membuktikan gol itu bukan milik Ronaldo?

Dilansir dari ESPN, Rabu (30/11/2022), FIFA dapat menentukan siapa pencetak gol pembuka Selecao das Quinas setelah mengecek data dari bola Al Rihla ciptaan Adidas tersebut.

Baca Juga : Cristiano Ronaldo Akhirnya Cetak Gol Perdana, Al Nassr Tetap Kalah di Liga Saudi

Melalui teknologi canggih yang tersemat di dalamnya, diketahui bahwa Ronaldo tidak melakukan kontak sama sekali dalam gol pembuka Portugal. Alhasil, Bruno Fernandes yang berupaya melepaskan umpan lah yang dipastikan mencetak gol.

"Dalam pertandingan antara Portugal dan Uruguay, dengan menggunakan Connected Ball Technology yang ditempatkan di bola pertandingan resmi yakni Al Rihla dari adidas, kami dapat secara pasti menunjukkan tidak adanya kontak bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam permainan," demikian pernyataan FIFA.

"Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami. Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis ini."

Baca Juga : Kalah dari Al Ittihad, Cristiano Ronaldo Gagal Bawa Al Nassr ke Final Piala Super Arab Saudi

Bola pertandingan termasuk teknologi yang dapat memberikan data real-time kepada ofisial pertandingan. Benda itu juga menangkap setiap sentuhan yang dilakukan oleh pemain dengan sensor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar