0%

Iklan top-billboard-article-desktop

Selasa, 19 Juli 2022 14:30

Modus Intip Password, Pelaku Pembobolan Uang ATM di Minimarket Makassar Ditangkap

Penulis : Reza Rivaldi
Editor : Azis Kuba
Modus Intip Password, Pelaku Pembobolan Uang ATM di Minimarket Makassar Ditangkap
ist

Pelaku terekam CCTV minimarket, sebelumnya mengantri bersama korban

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR -- Pemuda bernama Rizky diciduk polisi lantaran melakukan aksi pencurian uang dengan modus pembobolan ATM (kartu anjungan tunai mandiri) di gerai Bank BRI yang berada di dalam minimarket sekitaran jalan Nuri, Makassar, pada Minggu (17/7/2022).

Tak cukup sehari usai melakukan aksinya, pemuda berusia 23 tahin itu diamankan petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Mariso di rumahnyadi Jalan Hati Mulia, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kasi Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando KS mengatakan, saat diamankan pemuda itu tidak melakukan perlawanan yang berarti.

Baca Juga : Puluhan Remaja Ugal-ugalan Berdalih Berbagi Takjil Diamankan Polisi

Lando menceritakan kasus ini bermula saat ibu rumah tangga (IRT) bernama Suhartini (35) lupa mengambil kartu ATM-nya usai menarik uang di gerai mesin ATM minimarket Jalan Nuri, Kota Makassar, pada Minggu (17/7/2022).

Setelah beberapa jam meninggalkan minimarket, Suhartini kembali lagi untuk mencari kartunya yang ketinggalan di mesin ATM tersebut, tetapi sudah sudah ada. Penjaga minimarket juga tidak mengetahuinya.

Panik, Suhartini kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak Bank BRI guna melaporkan kehilangan kartu ATM sekaligus mengecek isi tabungan. Alhasil duitnya sudah raib sebanyak Rp8 juta.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Pallawa 2024 Digelar 14 Hari, Ini Sasarannya

Suhartini kemudian ke kantor Polsek Mariso untuk melaporkan kejadian tersebut.

Rizky, pelaku pembobolan ATM modus intip password pemilik kartu (Foto: IST)

"Korban lapor ke polsek, penyidik kemudian melakukan pendalaman. Jadi korban juga mengecek ke bank dan benar kartu (ATM) sudah dipakai orang lain," ujar Lando.

Baca Juga : Wajib Tahu, Urus SKCK di Polrestabes Makassar Harus Terdaftar BPJS Kesehatan

Dari serangkaian penyelidikan yang dilakukan Polsek dengan cara memeriksa kamera pengintai atau CCTV yang ada di minimarket itu. Terungkap bila kartu ATM Suhartini memang diambil oleh seorang pria yang sedang mengantri dibelakang Suhartini sebelum kartunya hilang.

Setelah dilacak orang itu adalah Rizky yang kini mendekam di tahanan polisi.

Menurut Lando, Rizky sukses membobol kartu ATM Suhartini karena sempat mengintip gerakan tangan korban saat memasukan kode rahasia atau password di mesin uang tersebut.

Baca Juga : Jatanras Ringkus Terduga Pelaku Pencurian LCD LIFT Kantor Balaikota Makassar

"Hasil introgasi sementara pelaku mengambil uang korban lewat kartu ATM itu, diduga pelaku tahu kata sandi (pasword) karena mengintip korban saat transaksi," jelasnya.

Sementara itu uang Rp 8 juta yang dicuri Rizky sudah habis digunakan pelaku diduga untuk belanja kebutuhan sehari-harinya.

"Saya tidak bisa jelaskan lebih detail soal apa-apa yang dibeli pelaku dari uang hasil curian itu, belum detail dalam BAP," tukas Lando.

Baca Juga : Tabrak Mobil Parkir, Warga Maros Tewas Terlindas Truk di Jalan Ir Sutami

Dari tangan pelaku petugas mengamankan barang bukti ATM dan pakaian saat melakukan pencurian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape

karangan bunga makassar

Berikan Komentar