0%
karangan bunga makassar
Kamis, 13 Oktober 2022 10:31

Disambut Baik di Awal: Genap 4 Pekan, Ojol Day Dinilai Belum Efektif bagi Driver

Disambut Baik di Awal: Genap 4 Pekan, Ojol Day Dinilai Belum Efektif bagi Driver
ist

Genap 4 pekan sejak dicanangkannya Program Ojol Day. Program ini di awal, disambut baik oleh pihak platform ojek online terlebih dari driver yang menjadi objek utama dari program ini. Namun efektifkah program ini dari kaca mata driver, khususnya dalam menghadapi kenaikan BBM dan potongan biaya aplikasi yang membuat pendapatan mereka semakin tergerus?

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, MAKASSAR - Tepat empat pekan sejak program Ojol Day' dicanangkan oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Program ini, menurut Danny, sapaan akrabnya, diharapkan mampu menekan laju inflasi dan menghemat penggunaan BBM. 

iklan pdam

District Head Gojek Sulawesi Adwin Pratama Anas menyambut baik program yang diinisiasi oleh pemerintah Kota Makassar dengan menetapkan Hari Transportasi Publik di setiap hari Selasa.

"Inisiatif ini tentunya dapat membantu pendapatan mitra driver yang juga turut terdampak dengan kenaikan harga BBM saat ini, ini akan menjadi kabar baik dan apresiasi kepada mitra driver Gojek yang selama ini telah banyak berperan sebagai urat nadi logistik dan mobilitas masyarakat di kota Makassar” ujar Anas. 

Baca Juga : Kembali Terlibat Kasus Hukum, Kriminolog Soroti Arogansi Ormas Batalyon 120 yang Dilegitimasi SK Wali Kota

Namun, menyoal tentang efektifnya program ini dari sisi driver yang menjadi objek utama dari program ini, ternyata, terselip harapan mereka dari program Ojol Day bisa sedikit membawa angin segar di tengah perjuangan mereka menghadapi kenaikan BBM dan biaya potongan aplikasi.

Penghasilan Driver Tergerus

Sebutlah dari seorang Johan (55), seorang driver yang Portalmedia temui secara acak di tengah ramainya ojol di Kota Makassar. 

Hari itu, Selasa (11/10/2022), jalan Boulevard Makassar cukup ramai pengendara. Mobil dan motor lalu lalang, saling berlawanan arah. Cuaca masih mendung. Hujan baru saja usai mengguyur Kota Daeng. Aroma tanah sehabis hujan juga masih tercium jelas.

Baca Juga : Usai Bayar Ganti Rugi, Ketua Ormas Batalyon 120 Pelaku Perusakan Hotel Dibebaskan

Di sepanjang jalan, terlihat beberapa pengendara motor yang masih berteduh. Pangkalan ojek online (Ojol) yang biasanya ramai di dekat mall Panakkukang juga terlihat sepi. Hanya ada beberapa orang yang menawarkan masker dan jas hujan kepada pengunjung mall.

Saat dihampiri portalmedia.id, Johan  terlihat sibuk mengecek gawai yang sedari tadi berada di genggamannya. Ia menyambut penulis dengan senyum. 

Driver yang mengenakan jaket hijau khas ojol bertuliskan Gojek itu adalah seorang ayah yang memfokuskan diri mencari nafkah untuk 3 orang anaknya lewat driver ojol. Dirinya yang menjadikan driver ojol sebagai pekerjaan utama.  

Baca Juga : Cuaca Ekstrem Sehari, Danny Pomanto Keluarkan Instruksi Siaga untuk Semua Jajaran

Ditanya mengenai penghasilan pascakenaikan BBM, Johan mengeluarkan keluhnya. 

"Iye', lagi kurang sekali ini pendapatan pas musin hujan belah. Apalagi kalau pemesan titik jemputnya jauh. Biasa ka pikir-pikir kalau mau jemput. Karena biasa macet, belum lagi uang untuk isi bensinnya," ujar Johan, dengan dialek khas Makassar, sambil menyapu air hujan yang jatuh di pelipisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Tim Portalmedia
Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer