0%
karangan bunga makassar
Kamis, 26 Januari 2023 10:27

Diresmikan Kapolres Jeneponto, Masjid Ar-Rayyan Polsek Binamu Ramai Dikunjungi Warga

Penulis : Akbar Razak
Editor : Rahma
Kapolres Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, AKBP Andi Erma Suryono saat meresmikan Masjid Ar-Rayyan Polsek Binamu  pada Selasa (24/1/2023) lalu.
Kapolres Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, AKBP Andi Erma Suryono saat meresmikan Masjid Ar-Rayyan Polsek Binamu pada Selasa (24/1/2023) lalu.

Fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan.

dewanpers

PORTALMEDIA.ID, JENEPONTO - Masjid Ar-Rayyan Polsek Binamu ramai dikunjungi warga usai diresmikan Kapolres Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, AKBP Andi Erma Suryono pada Selasa (24/1/2023) lalu.

Masjid yang berlokasi di Jalan Mattewakkang Daeng Raja No 54 Pabiringa, Kecamatan Binamu, ini kini difungsikan oleh warga sekitar untuk menunaikan salat lima waktu secara berjamaah.

iklan pdam

Mulanya, tempat ibadah yang bermakna Gerbang surga, sumber air atau kemuliaan ini dibangun atas inisiatif Kapolsek Binamu, Iptu Baharuddin bersama seluruh personelnya.

Baca Juga : Rampok 4 Warga, Pelaku Spesialis Pembobol Rumah di Jeneponto Dibekuk Polisi

Dimana dana yang digunakan untuk membangun masjid awalnya merupakan hasil patungan seluruh personel di lingkungan Polsek Binamu, hingga akhirnya sejumlah donatur dari luar ikut menyisihkan uangnya untuk mendukung pembangunan masjid.

Saat peresmian yang dimulai sejak pukul 10.00 Wita itu pun dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Muh Syazil Bhasyam. Sedangkan Tausyiah dibawakan oleh ustadz Muh Sapri S.Ag, M.Ag lalu do’a bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Abd. Rabing Daeng Situju.

Kapolsek Iptu Baharuddin selaku Ketua Panitia mengatakan masjid merupakan tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam.

Baca Juga : Polisi Irit Bicara Soal Kasus Pelecehan Seksual Penjaga Pasien di Puskesmas Jeneponto

"Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah salat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam," kata Iptu Baharuddin kepada Portalmedia.id, Kamis (26/1/2023).

Selain itu, masjid pada masa Rasulullah kerap juga digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan masjid menuntut manajemen yang baik.

Baca Juga : Soal Dugaan Korupsi Rp1,6 Miliar, Bupati Jeneponto Sebut Kabag Keuangan Dikenal Religius

"Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran masjid. Kemakmuran sebuah masjid, tergantung bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya," ucap Iptu Baharuddin.

Kapolsek yang bakal dimutasi ke Panit 2 Submit Krimsus Polda Sulsel ini juga menuturkan jika fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan.

"Salat, zikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT," tegasnya.

Baca Juga : Polisi Jadwalkan Pemanggilan Sekda Jeneponto Jumat Mendatang: Terkait Aliran Dana 1,6 Miliar

Sehingga, Masjid adalah pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat, memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

Itulah perlunya memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat, untuk menggunakan Masjid bagi seluruh aktifitas keagamaan dan keumatan.

"Tentunya, Masjid dapat juga berfungsi sosial dan dapat didayagunakan untuk memberantas kemiskinan, kebodohan, dan kedangkalan iman," tutur Iptu Baharuddin.

Baca Juga : Tiga Rumah di Jeneponto Ludes Terbakar, Polisi Sebut Akibat Korsleting Listrik

Setelah itu, Kapolsek langsung menyerahkan kepengurusan Masjid kepada pengurus panitia Masjid, Drs H Supri Daeng Tayang.

Sementara itu, Kapolres Jeneponto, AKBP Andi Erma Suryono mengatakan, mengapresiasi atas pembangunan masjid ini.

"Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi dan terimakasih banyak kepada Kapolsek Binamu dan para tokoh masyarakat dan agama yang sangat membantu," ucap Kapolres, kepada wartawan.

"Sehingga marilah bersama-sama memakmurkan rumah Allah ini, semoga amal-amal masjid kita ini berkah dan menjadi bekal di alam sana," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Redaksi Portal Media menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@portalmedia.id atau Whatsapp 0811892345. Pastikan Anda mengirimkan foto sesuai isi laporan yang dikirimkan dalam bentuk landscape
Berikan Komentar
Populer